Selasa, 22 Juni 2021

Dalam 3 Hari, Objek Wisata di Gunungkidul Diserbu Puluhan Ribu Wisatawan

SMOL.ID, GUNUNGKIDUL – Selama libur lebaran setidaknya ada 57 ribu wisatawan mengunjungi objek wisata beretribusi di Kabupaten Gunung Kidul.

“Data kunjungan wisatawan hari ini belum masuk. Namun menurut prediksi, puncak kunjungan wisatawan akan terjadi hari ini dengan jumlah minimal 35 ribu pengunjung,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Harry Sukmono di Gunung Kidul, Minggu.

Ia mengatakan berdasarkan laporan dari petugas, jumlah kunjungan wisatawan pada Kamis (13/5) atau hari pertama Idul Fitri sebanyak 2.132 wisatawan. Pada Jumat (14/5) naik delapan kali lipat menjadi 16.120 kunjungan. Pada Sabtu (15/5), jumlah kunjungan kembali naik signifikan menjadi 39.149 orang.

Dari total kunjungan tersebut, pendapatan retribusi objek wisata dari 13-15 Mei ini mencapai Rp436,64 jura. Pendapatan ini sudah diprediksi sebelumnya.

“Pada libur lebaran ini, kami menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 100 ribu orang. Kami optimistis kunjungan wisatawan hingga Senin (17/5) akan terealisasi,” kata Harry.

Harry mengatakan mayoritas wisatawan dari wilayah DIY, dan Solo Raya (Jawa Tengah). Berdasarkan pemantauan petugas, kendaraan luar DIY dan Solo Raya sudah disekat di perbatasan-perbatasan, sehingga potensi yang masuk ke objek wisata sangat kecil.

“Wisatawan yang ke Gunung Kidul masih wisatawan lokal DIY, dan Solo Raya,” katanya.

Objek wisata pantai masih mendominasi kunjungan wisatawan selama libur lebaran ini. Dari timur sampai barat (Gedangsari-Panggang) di Gunung Kidul banyak objek wisata pantai lebih dari 25 titik. Sehingga wisatawan memiliki banyak pilihan, dan penerapan protokol kesehatan tetap bisa terjaga. Meski di beberapa titik, petugas harus memberikan peringatan kepada wisatawan menggunakan masker dan menjaga protokol kesehatan.

“Lebih dari 80 persen kunjungan wisatawan tujuannya berwisata pantai, sisanya di wisata gua dan Nglanggeran,” katanya.

Saat libur lebaran ini, Dispar Gunung Kidul menerjunkan 345 personel. Mereka ditugaskan untuk mengawasi kepatuhan pengunjung terhadap protokol kesehatan (prokes).

Sementara itu, Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Hargodumilah Ipda Paryadi mengatakan sebanyak 344 kendaraan disekat selama dua hari terakhir. Semuanya berjenis roda empat dan di atasnya.

“Total penumpang yang diperiksa mencapai 1.168 orang,” katanya.(lin/smol/ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA