Selasa, 22 Juni 2021

Ini Alasan Desa Banjaranyar Sokaraja Kembangkan Aeromodelling

SMOL.ID – BANYUMAS – Ini alasan mengapa Desa Banjaranyar, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas mengembangkan olahraga dirgantara Aeromodelling.

Potensi alamnya yang mendukung itulah yang menjadi alasan desa tersebut mengembangkan olahraga Aeromodelling.

Hal ini sekaligus kabar gembira bagi para pencinta olah raga Aeromodelling di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya. Sebab, kini Soedirman Aeromodelling Club, yaitu perkumpulan pencinta olah raga dirgantara Aeromodelling di bawah binaan Potdirga TNI AU Lanud Jenderal Besar Sudirman (yang anggotanya dari Kabupaten Banyumas dan sekitarnya), menggandeng pemerintah Desa Banjaranyar, Kecamatan Sokaraja menyediakan Runway (lapangan terbang olahraga dirgantara Aeromodelling).

Runway menempati areal tanah desa seluas kurang lebih 3500 meter persegi, (panjang 116 meter dan lebar 30 meter) lokasinya cukup strategis, tepat berada di depan Rumah Makan Pelangi Pedesaan Banjaranyar Sokaraja.

“Setelah tahap pembangunan dan uji coba selama hampir satu bulan, dan dengan biaya swadaya dari para anggota club SAC tersebut, pada hari Minggu, 16 Mei 2021 dilakukan peresmian,” ungkap Kades Banjaranyar Karseno, Senin (17/5/2021).

Peresmian dihadiri oleh Wihandaya selaku ketua FASI Aeromodeling Jawa Tengah yang juga ketua SAC, Kapten Edi Soeprapto selaku Kabinpotdirga TNI AU Lanud J.B. Soedirman, Karseno selaku Kepala Desa Banjaranyar yang didampingi perangkatnya, Babinsa Polsek Sokaraja serta beberapa club Aeromodelling dari sekitar Kabupaten Banyumas.

Peresmian dilaksanakan dengan protokol kesehatan, diawali dengan menampilkan atraksi terbang beberapa model pesawat RC (Remote Control), Paramotor RC serta Helicopter RC. Warga sekitarpun antusias menikmati berbagai atraksi tersebut. Puncak acara pemotongan tumpeng diawali dengan pembacaan doa dari ulama setempat yang dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh kepala desa.

Kades Banjaranyar Karseno Banjaranyar, sangat berharap dengan adanya Runway tersebut dapat memajukan nama desa Banjaranyar, baik prestasi olah raga dirgantara, perekonomian warga, serta pariwisata desa yang dapat lebih berkembang.

“Kami akan berperan aktif dalam hal safety/keselamatan dan keamanan kegiatan di Runway tersebut” ujarnya.

Sementara itu dari pihak TNI AU selaku pembina olahraga dirgantara yang dihadiri Kabinpotdirga, Kapten Edi Soeprapto menambahkan agar Runway bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan tetap mengikuti aturan-aturan dari Potdirga TNI AU dan selalu berkoordinasi dengan pihak desa Banjaranyar.

Wihandaya selaku ketua Sudirman Aeromodeling Club yang juga selaku ketua FASI Aeromodelling Jawa Tengah menambahkan bagi warga yang ingin menyalurkan olah raga dirgantara khususnya Aeromodelling dapat mempergunakan Runway ini setiap hari, namun untuk kegiatan rutin bersama team SAC biasanya dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu.

Dia juga menambahkan agar segala kegiatan di Runway dilakukan sesuai prosdur yang ditetapkan Potdirga TNI AU.

“Tentu kami menjalankan protokol kesehatan yang ketat karena pademi belum berlalu, dan berharap semoga pandemi segera berakhir”. tandasnya. (Dimas/aa/smol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA