Rabu, 23 Juni 2021

Piala Wali Kota Solo Siap Digeber, 8 Klub Ambil Bagian

SMOL.ID, SOLO – Kompetisi sepak bola Piala Wali Kota Solo segera digeber 20-26 Juni di Stadion Manahan Solo. Ada klub ambil bagian dalam kompetisi itu.

Delapan itu terdiri 4 klub Liga 1 dan 4 tim dari Liga 2 yakni tim tuan rumah Persis Solo, PSG Pati, Persib Bandung, Bali United, Bhayangkara Solo FC, Arema FC,, RANS Cilegon FC, dan Dewa United. Delapan klub itu dikenal sebagai tim sultan dengan kekuatan finansial dan skuad yang mewah.

Dalam pertandingan itu akan sistem babak gugur atau knock-out.

Sebagian besar keterlibatan tim dalam pertandingan itu sebagai ajang pemanasan menjelang bergulirnya Liga 1 maupun Liga 2 musim 2021.

Turnamen ini bakal diakomodasi oleh Mahaka Sports and Entertainment sebagai panitia pelaksana (panpel). Mahaka Sports and Entertainment merupakan event organizer (EO) khusus olahraga bentukan PT Mahaka Media Tbk, milik Menteri BUMN Erick Thohir, yang juga pemilik 20 persen saham di Persis Solo.

Mahaka selama ini sempat menggelar sejumlah turnamen sepak bola di Tanah Air. Seperti Piala Presiden 2015, Piala Jenderal Sudirman 2015, Piala Bhayangkara 2016, Indonesian Soccer Championship (ISC) 2016, hingga Piala Presiden 2019.

Sebelumnya Solo dan Stadion Manahan sukses menjadi tuan rumah Piala Menpora 2021. Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka memastikan izin pertandingan turnamen sudah selesai, tinggal kedatangan tim peserta dan pelaksanaan pertandingan.

Sementara itu, Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mengaku menerima undangan untuk mengikuti turnamen Piala Wali Kota Solo itu.

“Ya, kami sudah mendapat undangan resmi soal turnamen itu kemarin (7/6),” kata Robert.

Ia tertarik mengikuti pertandingan karena format pertandingan dinilainya lebih serius.

“Kami menerima undangan itu karena turnamen ini memiliki format pertandingan yang lebih serius, banyak klub bagus terlibat dan nampaknya semua hal sudah dipersiapkan dengan baik,” ujar Robert.

Menurutnya Piala Walikota Solo merupakan ajang bermanfaat untuk mengukur kesiapan skuad asuhannya sebelum terjun di kompetisi Liga 1.

Kompetisi Liga 1 2021 dijadwalkan bergulir pada 10 Juli mendatang, mundur dari yang awalnya direncanakan mulai 3 Juli 2021.

“Saya pikir ini (Piala Wali Kota Solo) akan menjadi turnamen penting karena akan digelar 10 hingga 14 hari sebelum bergulirnya Liga 1, jika memang akan digelar pada Juli. Dari segi waktu penyelenggaraan, ini turnamen yang bagus,” tutur Robert.

Hal sama disampaikan Chief Executive Officer (CEO) Bali United Yabes Tanuri. Ia mengatkaan turnamen yang dilaksanakan di Jawa Tengah tersebut menjadi bagian dari persiapan Serdadu Tridatu untuk menyambut kompetisi tahun ini.

“Kami akan ikut serta dalam Piala Walikota Solo. Kami mengikuti kompetisi ini sebagai rangkaian dari persiapan tim sebelum menghadapi Liga 1 dan Piala AFC 2021,” kata Yabes.(lin/smol/ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA