Minggu, 25 Juli 2021

Pemkot Pekalongan Targetkan Pembangunan Wisata Air Selesai 2021

SMOL.ID – PEKALONGAN – Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menargetkan pembangunan objek wisata air yang dibangun di pesisir Pantai Pasir Kencana Pekalongan senilai Rp30 miliar selesai akhir 2021.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudyaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Pekalongan Sutarno, Rabu, di Pekalongan, mengatakan bahwa pembangunan wisata air yang sepenuhnya dibiayai oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini akan menjadi alternatif daya tarik para wisatawan ke daerah ini.

“Selain kami memiliki wisata budaya batik dan wisata religi diharapkan objek wisata air ini dapat menjadi daya tarik pengunjung untuk berkunjung ke daerah ini. Adapun, sesuai perencanaan, pembangunan objek wisata air rampung akhir 2021,” katanya.

Ia mengatakan tanggung jawab pemkot hanya menyiapkan lahan saja sedang biaya pembangunan objek wisata air sebesar Rp30 miliar ini sepenuhnya ditanggung Kementerian PUPR.

Adapun untuk progres dari perencanaan pembangunan objek wisata ini, kata dia, tidak terlambat bahkan surplus sekitar 2 persen.

Sutarno mengatakan pada proses pengerjaannya memang ada sedikit perubahan-perubahan di dalam “detail engineering design (DED) tetapi hal itu tidak sampai menimbulkan keterlambatan dalam pembangunan objek wisata tersebut.

Pada tahap pertama, pemerintah akan membangun wisata air di pesisir Pantai Pasir Kencana, kemudian, tahap kedua akan dibangun di objek wisata Pantai Slamaran, tahap tiga di objek wisata Pantai Sari, dan tahap empat di objek wisata Mangrove.

“Di objek wisata Pantai Pasir Kencana akan dibangun dengan tema ‘Artificial Tourism’ atau wisata buatan. Di objek wisata Pantai Pasir Kencana menjadi prioritas pertama karena akses sudah kuat dan infrastruktur yang sudah memadai,” katanya.

Kemudian, kata dia, untuk bangunan “eksisting” Pantai Pasir Kencana kini sudah dirombak, kecuali sejumlah bangunan tetap dipertahankan dengan mengubah desain bangunan seperti gerbang masuk dan panggung hiburan.

Nantinya, di dalam kompleks wisata juga akan dibangun “spot selfie”, “promenade”, plaza, “amphiteater”, panggung budaya, kuliner, souvenir, taman bunga, jogging track, dan taman bermain.

“Kami berharap dengan dibangunannya kawasan wisata air ini akan mendukung pengembangan pariwisata dan menumbuhkan perekonomian masyarakat di wilayah setempat,” katanya. (sal/smol/ant)

TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA