Sabtu, 24 Juli 2021

Satgas Covid-19 Temanggung Perketat Izin Kegiatan Masyarakat

SMOL.ID, TEMANGGUNG – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memperketat izin kegiatan masyarakat dalam upaya menekan penularan Covid-19.

Bupati Temanggung M. Al Khadziq mengatakan pemberian izin kegiatan masyarakat, baik keagamaan, hajatan, maupun pertemuan yang lain harus lebih selektif.

“Pemberian izin harus betul-betul menegakkan semua aspek yang disyaratkan agar penyebaran COVID-19 dapat dikendalikan,” kata Bupati di Temanggung, Kamis,

Selain pemberian izin diperketat, pihaknya akan ​​ terus-menerus mengawasi kegiatan masyarakat di lapangan dengan menegakkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Satgas harus melakukan operasi di tempat hajatan, pengajian, objek wisata, dan di tempat-tempat pertemuan lainnya sesuai dengan tingkatannya.

Khadziq menyebutkan operasi tersebut adalah penegakan disiplin protokol kesehatan. Misalnya, orang akan kondangan tidak pakai masker, tidak boleh masuk.

“Satgas harus mulai kode keras pada masyarakat di bidang pemberian izin pengendalian kegiatan masyarakat dan penegakan disiplin masyarakat untuk menekan penyebaran COVID-19, apalagi sejumlah daerah di Jateng masuk zona merah,” katanya.

Menurutnya dalam pengendalian kegiatan masyarakat ada dua aspek, yakni aspek tindakan dan aspek kampanye/sosialisasi.

Kasus COVID-19 di sejumlah daerah mengalami peningkatan maka masyarakat perlu membatasi kegiatan.

“Yang tidak penting sekali tidak usah dilakukan dahulu, ditunda saja. Seandainya terpaksa harus dilaksanakan, protokol kesehatan harus ditegakkan,” katanya menekankan.

Menurut dia, di tempat hajatan maupun “layatan” paling rawan bagi penularan COVID-19 karena yang datang dari sejumlah daerah, bahkan tidak sedikit mereka datang dari daerah zona merah. (lin/smol/ant)

TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA