Minggu, 25 Juli 2021

Wanita Pendaki Gunung Lawu Mengalami Hyphotermia, Dievakuasi Tim SAR

Evakuasi pendaki cewek dari puncak Lawu.

SMOL.ID – KARANGANYAR – Pendaki Gunung Lawu, Bintang (17), warga Jagalan, Solo harus dievakuasi oleh tim SAR gabungan dalam turun dari puncak Lawu keadaan selamat, Selasa (22/6)

Korban diketahui mengalami hyphotermia (kondisi tubuh menurun akibat kedinginan) saat turun dari puncak Gunung Lawu.

Informasi yang berhasil dihimpun Bintang turun dari puncak pukul 22.00 WIB. Sesampainya di pos pendakian 3, sekira pukul 01.00 WIB dini hari, Bintang dan rekan pendaki lainnya bernama Adyuta, beristirahat sejenak.

Saat istirahat itulah Adyuta melihat temannya, menggigil kedinginan. Bahkan sempat tak sadarkan diri. Untungnya, Bintang kembali sadar, meskipun sedikit mengalami linglung.

Melihat kondisi temannya itu Adyuta mengambil inisiatif turun ke bacecamp untuk melaporkan kondisi yang dialami rekannya itu.

Koordinator relawan SAR Arif Sukro Yulianto mengatakan begitu mendapatkan laporan adannya pendaki yang mengalami hyphotermia di pos pendakian 3, pihaknya bersama tim langsung bergerak cepat naik ke pos pendakian 3.

“Sebelumnya rekan-rekan AGL (anak gunung lawu) sudah mengevakuasi korban dari pos 3 ke pos 2. Jadi pagi tadi dievakuiasi dari pos 2 ke basecamp,”papar Arif saat dikonfirmasi.

Arif mengatakan selain kondisi korban yang sempat tak sadarkan diri, korban tidak bisa berjalan sendirian sehingga korban terpaksa ditandu sampai ke basecamp (pos awal pendakian).

“Evakuasi yang melibatkan AGL, SAR Karnganyar, Bareta Solo, MDMC.
Ini memakan waktu selama 1 jam. Begitu sampai di Base camp, korban langsung dibawa ke puskesmas Tawangmangu. Dan saat ini kondisi korban sudah mau makan, meski sedikit.

Menurut Arif, kejadian yang alami oleh korban diduga karena faktor kelelahan. Ditambah kondisi fisiknya menurun karena jalur pendakian terjal, dan hujan yang terus turun mengguyur menambah beban para pendaki semakin berat.

Korban mendaki bersama 9 orang pendaki lainnya. Mereka naik ke puncak Gunung Lawu pada hari Minggu dan berencana turun pada Senin.(joko dh/aa/smol)

TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA