Minggu, 25 Juli 2021

Apindo Pastikan Belum Ada PHK Akibat Ledakan Kasus Covid-19 di Kudus

SMOL.ID, KUDUS – Ledakan kasus covid-19 di Kudus berdampak signifikan pada pabrik maupun perusahaan di Kudus. Namun demikian, hingga kini belum ada laporan adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada para buruh.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kudus Bambang Sumadyono memastikan hingga kini belum ada perusahaan yang melakukan PHK meskipun banyak perusahaan terdampak pandemi Covid-19.

“Awal pandemi memang sangat berdampak, namun setelah kasusnya menurun perusahaan mulai bangkit. Akan tetapi, kembali melonjaknya kasus Covid-19 di Kudus perusahaan kembali terdampak,” ujarnya di Kudus, Selasa. kata Ketua Apindo Kudus Bambang Sumadyono

Menurutnya dampak covid-19 tidak hanya pada Kudus, melainkan secara nasional. Dampak lain terhadap neraca keuangan, beberapa perusahaan biasanya pembayarannya tempo satu bulan, kini bisa sampai dua hingga tiga bulan baru dibayar.

Meski berdampak pada keuangan perusahaan, belum ada satupun pabrik elakukan pemutusan hubungan kerja. Perusahaan berusaha melakukan strategi untuk menghindari PHK.

“Jika mengatur jadwal kerja karyawannya memang ada sebagai upaya menghindari PHK pekerja,” ujarnya.

Ia berharap masyarakat mematuhi protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi Covid-19 karena itu cara menuntaskan pandemi di Kudus.

Semua perusahaan di Kudus menerapkan aturan ketat bagi karyawan agar mematuhi prokes, selalu memakai masker baik di perjalanan maupun di perusahaan.

Bagi pekejar dari luar kota disediakan kendaraan penjemputan agar mereka tak menggunakan angkutan umum, sebab penularan sangat mungkin terjadi saat dalam perjalanan.(lin/smol/ant)

TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA