Sabtu, 24 Juli 2021

Wilayah di Luar Zona Merah di Jateng Boleh Gelar PTM, Begini Aturannya

SMOL.ID, SEMARANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah menyiapkan aturan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah yang berada di luar zona merah atau zona risiko tinggi penularan Covid-19.

“Khusus daerah-daerah zona merah di Jateng masih diimbau untuk tidak menyelenggarakan PTM (pembelajaran tatap muka) saat pandemi,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Hari Wuljanto di Semarang, Selasa.

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka harus disesuaikan dengan kondisi penularan virus corona di daerah tempat sekolah berada.​​​​

“Daerah-daerah banyak yang merah, kami matur Pak Gubernur untuk yang daerah merah belum saya izinkan. Daerah yang selain merah harus dilakukan secara hati-hati dengan memperhatikan protokol kesehatan sesuai standar pemenuhan pengawasan satuan pendidikan oleh puskesmas 100 persen,” katanya.

Pembelajaran tatap muka di sekolah juga harus dilaksanakan dengan izin dari orang tua murid dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 tingkat kabupaten dan kota.

Sedangkan sekolah-sekolah yang diizinkan melaksanakan PTM harus menyediakan sarana dan prasarana pendukung penerapan protokol kesehatan dan memastikan protokol kesehatan dijalankan dalam kegiatan belajar mengajar.

Menurutnya, kunci utama dalam penyelenggaraan PTM yang aman yakni kepatuhan terhadap protokol kesehatan, pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah, dan kesadaran pengajar, siswa, serta orang tua siswa dalam menjalankan upaya pencegahan COVID-19.

“Semua pihak harus bisa saling bekerja sama dan taat pada protokol kesehatan,” pungkas Hari.(lin/smol/ant)

TERKAIT

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA