Sabtu, 24 Juli 2021

Muhammadiyah Karanganyar Kirim Korban ke Palestina Rp 71 Juta

Suasana korban di salah satu kampung di Karanganyar.

SMOL.ID – KARANGANYAR – Muhammadiyah Daerah Karanganyar menyumbangkan uang korban untuk warga Palestina Rp 71 juta. Uang korban itu dikirim lewat Muhammadiyah pusat dan dihimpun dari seluruh Indonesia.

‘’Untuk korban ke luar Indonesia ada yang dikirim ke Yaman, ada juga ke Palestina. Untuk yang ke Yaman terkumpul Rp 66 juta. Semua dikirim ke kantor pusat dan nanti dikirim ke lembaga internasional yang sudah biasa mengurusi bantuan ke sana. Dan akan diwujudkan sapi dan kambing,’’ kata Aan Sofanudin, Sekjen Lazismu (Lembaga amil zakat infaq dan sodaqoh Muhammadiyah) Karanganyar, Kamis (22/7).

Menurutnya, sudah tiga tahun ini Muhammadiyah mengumpulkan donasi baik untuk warga Palestina maupun korban untuk warga di sana. Saat itu berbarengan dengan ramai donasi Palestina, dari Muhammadiyah terkumpul Rp 13 miliar di antaranya dari warga Muhammadiyah Karanganyar sebesar lebih dari Rp 700 juta.

Untuk hewan korban, Muhammadiyah secara khusus menyalurkan untuk warga sendiri diwujudkan dalam bentuk rendang dan makanan sarden daging, yang sudah dikemas frozen untuk warga di perbatasan, warga miskin dan warga yang ada di bagian terluar Indonesia.

Ada lima ekor sapi yang sudah terkumpul dan dikirimkan dananya ke pusat yang mengkoordinasi dari seluruh Indonesia. Satu dari warga SMA Muhammadiyah 3, satu dari iuran bertujuh pengurus PDM Karanganyar, dari SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dan dari keluarga warga MIM Karanganyar, dari Bu Endang mantan anggota DPRD dan warga Muhammadiyah yang lain.

Juga hewan korban untuk warga di luar negeri yang sedang berkonflik seperti di Palestina dan Yaman itu. Ada warga negeri itu yang terseret konflik dan hidupnya menderita. Mereka sangat perlu bantuan. Dan korban salah satu momen untuk membantu mereka agar memperoleh asupan gizi yang baik.

Selain itu ada juga warga Muhammadiyah yang memilih korban sendiri di kampungnya, dan ini malah yang terbanyak. Mereka perlu mendekatkan ke warga kampung sehingga memilih berkorban ke masjid terdekat.(joko dh/aa/smol)

TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU

LAINNYA